Senin, 15 April 2013

Jaringan dan Jenisnya

Secara sederhana pengertian dari jaringan komputer adalah hubungan antara dua atau lebih sistem komputer melalui media komunikasi untuk melakukan komunikasi data satu dengan yang lainnya.


Salah satu cara untuk mengkategorikan berbagai jenis desain jaringan komputer adalah dengan ruang lingkup atau skala mereka. Untuk alasan historis, industri jaringan mengacu pada hampir setiap jenis desain sebagai semacam jaringan area. Contoh umum jenis jaringan area adalah :
  • LAN - Local Area Network
  • WLAN - Wireless Local Area Network
  • WAN - Wide Area Network
  • MAN - Metropolitan Area Network
  • SAN - Storage Area Network, System Area Network, Server Area Network, or sometimes Small Area Network
  • CAN - Campus Area Network, Controller Area Network, or sometimes Cluster Area Network
  • PAN - Personal Area Network
  • DAN - Desk Area Network
LAN dan WAN adalah kategori asli jaringan area, sementara yang lain telah secara bertahap muncul selama bertahun-tahun evolusi teknologi.
Perhatikan bahwa jenis jaringan adalah konsep yang terpisah dari topologi jaringan seperti bus, cincin dan bintang.

LAN - Local Area Network

Sebuah LAN menghubungkan perangkat jaringan melalui jarak yang relatif pendek. Sebuah bangunan jaringan kantor, sekolah, atau rumah biasanya mengandung satu LAN, meskipun kadang-kadang satu bangunan akan berisi beberapa LAN kecil (mungkin satu per kamar), dan kadang-kadang sebuah LAN akan span sekelompok bangunan di dekatnya. Dalam jaringan TCP / IP, LAN sering tetapi tidak selalu diimplementasikan sebagai IP subnet tunggal.
Selain beroperasi di ruang terbatas, LAN juga biasanya dimiliki, dikuasai, dan dikelola oleh satu orang atau organisasi. Mereka juga cenderung menggunakan teknologi konektivitas tertentu, terutama Ethernet dan Token Ring.

Komponen hardware yang digunakan dalam LAN:
konektor Media
Network Interface Card
pengulang
jembatan
Hub / Beralih
Dan lain-lain

MAN - Metropolitan Area Network

Sebuah jaringan tersebar di sebuah kota atau kota.
Sebuah jaringan yang lebih besar dari LAN dan lebih kecil dari WAN.
Biasanya mencakup wilayah dalam kota atau kota.
Digunakan untuk menghubungkan cabang kantor dalam kota.
Media transmisi yang digunakan: Kabel Coaxial, Serat optik, microwave dll
Rentang: upto 60 Kms.

Komponen hardware yang digunakan dalam MAN:
Semua komponen perangkat keras yang digunakan dalam LAN (plus)
Saluran telepon (DSL, Lease Line, Frame relay dll)
modem
pintu gerbang
router
Dan lain-lain

WAN - Wide Area Network

Sebagai istilah menyiratkan, WAN rentang jarak fisik yang besar. Internet adalah WAN terbesar, mencakup Bumi.
Sebuah WAN adalah kumpulan geografis tersebar dari LAN. Sebuah perangkat jaringan yang disebut router menghubungkan LAN ke WAN. Dalam jaringan IP, router memelihara kedua alamat LAN dan WAN alamat.

Sebuah WAN berbeda dari LAN dalam beberapa hal penting. Kebanyakan WAN (seperti Internet) yang tidak dimiliki oleh satu organisasi melainkan berada dibawah kepemilikan dan manajemen kolektif atau didistribusikan. WAN cenderung menggunakan teknologi seperti ATM, Frame Relay dan X.25 untuk konektivitas melalui jarak yang lebih jauh.

Komponen hardware yang digunakan dalam WAN:
Semua komponen perangkat keras yang digunakan dalam LAN (plus)
satelit
Saluran telepon (DSL, Lease Line, Frame relay dll)
modem
pintu gerbang
router
Dan lain-lain



LAN, WAN dan Home Networking

Residences biasanya mempekerjakan satu LAN dan terhubung ke Internet WAN melalui Internet Service Provider (ISP) dengan menggunakan modem broadband. ISP menyediakan alamat IP WAN ke modem, dan semua komputer di jaringan rumah menggunakan LAN (disebut swasta) alamat IP. Semua komputer di rumah LAN dapat berkomunikasi langsung satu sama lain, tetapi harus melalui gerbang pusat, biasanya sebuah router broadband, untuk mencapai ISP.

Jenis lain Area Networks

  • Sementara LAN dan WAN yang jauh jenis jaringan yang paling populer disebutkan, Anda mungkin juga sering melihat referensi ke orang lain ini:
  • Wireless Local Area Network - LAN berbasis pada teknologi jaringan nirkabel WiFi
  • Metropolitan Area Network - sebuah jaringan yang mencakup wilayah fisik lebih besar dari LAN tetapi lebih kecil dari WAN, seperti sebuah kota. MAN biasanya dimiliki suatu dioperasikan oleh entitas tunggal seperti badan pemerintah atau perusahaan besar.
  • Campus Area Network - sebuah jaringan mencakup beberapa LAN tetapi lebih kecil daripada MAN, seperti di kampus universitas atau bisnis lokal.
  • Storage Area Network - menghubungkan server ke perangkat penyimpanan data melalui teknologi seperti Fibre Channel.
  • Sistem Area Network - link komputer performa tinggi dengan koneksi kecepatan tinggi dalam konfigurasi cluster. Juga dikenal sebagai Cluster Area Network.

0 komentar:

Poskan Komentar