Selasa, 16 April 2013

Co lacation Server

                         


Co location adalah sebuah tempat yang dipergunakan untuk meletakkan server secara bersama sama di suatu gedung atau ruangan (pusat data). Server server tersebut dipergunakan untuk berbagai macam kebutuhan seperti hosting, penyimpanan data suatu perusahaan, vpn server dan berbagai macam kebutuhan IT perusahaan yang lainnya.



Colocation server hampir sama dengan dedicated server. Bedanya jika pada dedicated server anda masih menyewa server kepada provider, pada collocation server, andalah pemilik server tersebut. Ibaratnya anda membeli komputer sendiri, lalu anda membawa komputer tersebut ke data center. Oleh petugas data center, komputer anda diletakkan di rak server, kemudian akan disetting hal2 teknisnya oleh mereka.

Tentang Colocation Hosting
Jadi colocation lebih mahal daripada webhosting dikelola, dan akses fisik ke peralatan anda dibatasi oleh jam kerja pusat data dan jarak fisik dari Anda. Sangat penting untuk memilih host colocation yang cukup dekat, dan akan ada pertimbangan khusus jika ada kemungkinan bergerak bisnis. Tergantung pada seberapa sering Anda mengakses peralatan, jarak meningkat akan sangat mempengaruhi nilai perjanjian layanan saat ini. Ada juga pilihan untuk membayar datacenter untuk mengelola peralatan, tapi itu membutuhkan biaya tambahan yang signifikan.
Namun demikian, ada beberapa keuntungan yang sangat nyata untuk colocation, dan dalam situasi yang tepat, keunggulan ini dapat sangat lebih besar daripada kerugian yang dibahas di atas. Mungkin keuntungan terbesar adalah bandwidth dan biaya yang terkait. Pusat data colocation terbaik memiliki beberapa backbone dengan redudansi yang memungkinkan untuk sangat handal, koneksi berkecepatan tinggi. Karena klien hanya membayar untuk penggunaan, ini memberikan semua keuntungan dari koneksi T1 tanpa overhead besar.
Selain itu, pusat data colocation cenderung untuk menawarkan proteksi tenaga yang menyimpan tak tertandingi oleh fasilitas perusahaan terbesar. Jasa listrik termasuk saluran listrik berlebihan, generator cadangan onsite dan jaringan multihomed. Selain itu, fasilitas colocation memiliki spesialis di situs dan stok suku cadang sehingga ketika kegagalan itu terjadi, mereka bisa memperbaiki itu dengan cepat. Hal ini memungkinkan untuk jaminan sejati 99,99 persen uptime atau lebih tinggi, yang sering dijanjikan tetapi tidak realistis dalam lingkungan yang dikelola.
Selain itu, layanan colocation dapat memberikan keamanan jauh lebih besar daripada lingkungan kantor khas atau dikelola solusi bisa. Sebuah bangunan yang cocok untuk rumah fasilitas colocation akan memiliki perlindungan terbaik terhadap masuk dengan paksa, akses yang tidak sah, kebakaran dan bencana alam. Peralatan Anda khususnya terkunci dalam sangkar yang hanya Anda dan personil yang menyetujui dapat mengakses. Sebuah layanan colocation juga akan memberikan firewall, intrusion detection-mekanisme dan langkah-langkah keamanan jaringan lain. Ada juga keuntungan dari tidak adanya hubungan langsung antara yang memiliki peralatan dan di mana ia disimpan

0 komentar:

Posting Komentar