Kamis, 11 April 2013

Definisi Broadband



                           

Broadband adalah :

Broadband atau akses berkecepatan tinggi Internet memungkinkan pengguna untuk mengakses Internet dan layanan terkait pada kecepatan jauh lebih tinggi daripada yang tersedia melalui "dial-up" layanan akses Internet. Kecepatan broadband sangat beragam tergantung pada jenis tertentu dan tingkat pelayanan dipesan dan dapat berkisar dari terendah 200 kilobit per detik (kbps), atau 200.000 bit per detik, untuk enam megabit per detik (Mbps), atau 6.000.000 bit per detik. Beberapa penawaran terakhir bahkan menyertakan 50 sampai 100 Mbps. Broadband layanan untuk konsumen perumahan biasanya menyediakan kecepatan lebih cepat downstream (dari Internet ke komputer Anda) daripada kecepatan upstream (dari komputer Anda ke internet).
Bagaimana kerja broadband :
Broadband memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi melalui Internet menggunakan salah satu dari beberapa kecepatan tinggi teknologi transmisi. Transmisi adalah digital, yang berarti bahwa teks, gambar, dan suara semuanya dikirim sebagai "bit" data. Teknologi transmisi yang bergerak memungkinkan broadband bit-bit jauh lebih cepat dibanding sambungan telepon atau nirkabel tradisional, termasuk tradisional dial-up koneksi akses Internet.
Setelah Anda memiliki koneksi broadband ke rumah Anda atau bisnis, perangkat seperti komputer dapat dilampirkan ke koneksi broadband dengan kabel listrik atau telepon yang ada, kabel koaksial, atau perangkat nirkabel.
Apakah Keuntungan dari Broadband?
Broadband memungkinkan Anda untuk memanfaatkan layanan baru tidak tersedia atau tidak nyaman untuk digunakan dengan koneksi internet dial-up. Salah satu layanan tersebut adalah Voice over Internet Protocol (VoIP), sebuah alternatif untuk layanan telepon suara tradisional yang mungkin kurang mahal untuk Anda tergantung pada pola panggilan Anda. Beberapa layanan VoIP hanya memungkinkan Anda untuk memanggil orang lain menggunakan layanan yang sama, tetapi yang lain memungkinkan Anda untuk memanggil siapa saja yang memiliki nomor telepon - termasuk lokal, jarak jauh, mobile, dan nomor internasional.
Broadband membuat "telemedicine" mungkin: pasien di daerah pedesaan dapat memberikan online dengan dokter spesialis di daerah perkotaan lebih dan berbagi informasi dan hasil tes yang sangat cepat.

Broadband membantu Anda secara efisien mengakses dan menggunakan banyak referensi dan sumber budaya, seperti basis perpustakaan dan museum data dan koleksi. Anda juga memerlukan broadband untuk terbaik mengambil keuntungan dari jarak banyak peluang belajar, seperti kuliah online atau program universitas, dan berlanjut atau program pendidikan senior. Broadband adalah alat penting untuk memperluas kesempatan pendidikan dan ekonomi bagi konsumen di lokasi terpencil.

Selain layanan baru, broadband memungkinkan Anda untuk berbelanja on-line dan surfing Web lebih cepat dan efisien. Men-download dan melihat video dan foto di komputer Anda lebih cepat dan lebih mudah. Dengan broadband Anda dapat mengakses Internet dengan menyalakan komputer Anda tanpa perlu dial up Internet Service Provider (ISP) melalui saluran telepon, yang memungkinkan Anda untuk menggunakan internet tanpa mengikat saluran telepon Anda. Pada Juni 2007, lebih dari 100 juta koneksi broadband dikerahkan di Amerika Serikat
.

Jenis-jenis Broadband :

Koneksi ADSL

ADSL bekerja dengan membelah saluran sinyal telepon menjadi dua saluran terpisah, satu untuk penggunaan suara normal, dan yang lainnya untuk data pemakaian. Hal ini dicapai dengan menempatan splitter(mikro-filter) pada saluran telepon yang ada untuk memungkinkan komunikasi multi-frekuensi(suara dan data). Sebuah keuntungan besar memiliki line ADSL karena panggilan tidak akan hilang saat sedang online, seperti suara an data dapat ditransfer pada waktu yang sama. ADSL (Asymmetric Digital Subscribers Line) koneksi menjadi lebih dan lebih banyak tersedia dan dapat menyediakan koneksi internet yang sangat baik. Hubungan kerja dengan memisahkan saluran telepon Anda menjadi dua saluran terpisah, satu untuk data (internet) dan satu untuk suara (panggilan telepon), yang berarti Anda dapat berbicara di telepon dan dihubungkan ke internet pada saat yang sama.
Anda akan sering melihat layanan koneksi ADSL diiklankan sebagai memiliki spesifikasi kecepatan yang berbeda, di bawah ini adalah beberapa konfigurasi umum:

• 256Kbps/128Kbps

• 512Kbps/128Kbps

• 1Mbps/256Kbps

• 2Mbps/512Kbps

• 8Mbps/1024Kbps

Perhatikan ada dua nilai untuk konfigurasi masing-masing, angka pertama menyatakan kecepatan download dan angka kedua adalah maksimum kecepatan upload.

Sebagai contoh mari kita ambil 512Kbps/128Kbps konfigurasi kedua, ini berarti bahwa Anda berpotensi dapat men-download data pada kecepatan 512Kbps dan upload data pada 128Kbps. contoh yang paling penting adalah kecepatan download, ini menggambarkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menampilkan suatu halaman web, men-download file musik atau lampiran email.

Sebagai contoh bagaimana kecepatan download berbeda dapat mempengaruhi koneksi Anda, di bawah ini adalah beberapa contoh untuk memberikan gambaran mengenai perbedaan:
Rata-rata Halaman Web (50 Kilobyte termasuk gambar)

• kecepatan 256Kbps download - sekitar 1,56 detik untuk melihat halaman.

• kecepatan 512Kbps download - sekitar 0,78 detik untuk melihat halaman.

• kecepatan 1Mbps download - sekitar 0,39 detik untuk melihat halaman.

• kecepatan 2Mbps download - sekitar 0,195 detik untuk melihat halaman.

• kecepatan 8Mbps download - sekitar 0,048 detik untuk melihat halaman.

Rata-rata file MP3 (file musik) (4 Megabyte)

• kecepatan 256Kbps download - sekitar 2 menit dan 8 detik untuk men-download.

• kecepatan 512Kbps download - sekitar 1 menit dan 4 detik untuk men-download.

• kecepatan 1Mbps download - sekitar 32 detik untuk men-download.

• kecepatan 2Mbps download - sekitar 16 detik untuk men-download.

• kecepatan 8Mbps download - sekitar 4 detik untuk men-download.
Angka di atas hanya teoritis, karena ada banyak faktor lain yang menentukan kecepatan download nyata, seperti kecepatan server / host Anda men-download dari. ADSL menawarkan kinerja yang luar biasa dibandingkan dengan standar koneksi dial-up dan menjadi pilihan pertama bagi pelanggan internet broadband.

Kebanyakan ISP yang menawarkan paket ADSL membebankan biaya bulanan flat, yang biasanya mencakup sejumlah bandwidth setiap bulannya. bandwidth ini mengacu pada jumlah data (halaman web, musik, video, dll) Anda dapat men-download per bulan tanpa menimbulkan biaya tambahan dari penyedia layanan internet.
Koneksi ADSL Pro

Terlepas dari keuntungan kecepatan koneksi ADSL jelas bahwa menawarkan, teknologi ADSL menghilangkan kebutuhan untuk saluran telepon kedua dengan memungkinkan transfer suara dan data pada saat yang sama (Anda dapat menggunakan telepon sebagai sementara biasa terhubung ke internet).

Karena ADSL transfer data digital menghilangkan overhead kinerja yang biasa berhubungan dengan standar koneksi dial-up, dengan kata lain ADSL tidak perlu mengkonversi data dari digital ke analog dan kembali lagi.

Koneksi ADSL Cons

Koneksi ADSL tidak tersedia untuk semua orang, Anda harus selalu memastikan bahwa Anda berada dalam jangkauan ADSL di daerah Anda (ISP akan memeriksa untuk Anda).Biaya perangkat keras dapat menjadi cukup signifikan karena anda akan memerlukan modem ADSL khusus dan filter ADSL untuk menggunakan layanan ini. Kebanyakan ISP memungkinkan Anda untuk menyewa barang-barang yang dapat mengurangi biaya awal. Karena sambungan ADSL memerlukan firewall untuk melindungi PC Anda.



Koneksi dial-up

koneksi Dial-up adalah salah satu jenis koneksi internet yang tersedia dari ISP, mereka adalah yang paling lambat dan (biasanya) yang paling murah. Koneksi dial-up memungkinkan Anda untuk terhubung ke internet melalui server lokal menggunakan modem standar 56k. PC Anda benar-benar cepat (maka nama) nomor telepon (yang disediakan oleh ISP Anda) dan menghubungkan ke server dan karena itu internet. Setelah terhubung anda dapat memanfaatkan semua aspek internet, kelemahan dengan koneksi dial-up adalah kecepatan. 56k Modem standar secara teoritis dapat mentransfer data 56 kilobit per detik, ini berarti bahwa Anda dapat (lagi secara teoritis) transfer hingga 7 Kilobyte kedua (walaupun untuk mendapatkan 7k penuh dekat karena tidak mungkin untuk biaya overhead kompresi). Ketika Anda menganggap bahwa rata-rata halaman web termasuk gambar adalah sekitar 50 Kilobyte, ini berarti akan memakan waktu sekitar 7 detik untuk halaman web untuk sepenuhnya beban pada browser Anda.
Di atas ini, sebagian besar (walaupun tidak semua) penyedia layanan butuh beberapa menit untuk koneksi dial-up Anda, sehingga cukup lama waktu yang dibutuhkan untuk memuat halaman yang Anda kunjungi, semakin banyak membayar untuk koneksi ,biaya biasanya sama seperti yang Anda akan membayar untuk panggilan telepon lokal.


Koneksi dial-up Pro
koneksi Dial-up bisa sangat ekonomis dan tersedia secara luas, biaya per menit adalah sebanding dengan panggilan telepon lokal, atau harga sebagai rencana bulanan yang akan mencakup waktu tertentu. Seperti koneksi menggunakan modem standar biaya hardware yang minimal, paling modern laptop memiliki built-in 56K modem.
Kenyataan bahwa Anda hanya memerlukan saluran telepon standar untuk terhubung membuat koneksi dial-up yang besar bagi ketika Anda berpindah tempat, terutama jika Anda menemukan diri di lokasi tanpa jalur koneksi WIFI.
Koneksi dial-up Cons
koneksi Dial-up sangat lambat dibandingkan dengan jenis sambungan lain. Saat tersambung ke internet saluran telepon yang sama tidak dapat digunakan untuk panggilan telepon, jadi jika ada telepon Anda ketika Anda terhubung mereka akan mendapatkan sinyal sibuk.
koneksi Dial-up transfer data melalui saluran analog sehingga sebelum data tersebut dikirim itu harus dikonversi dari digital ke analog, juga ketika data diterima itu harus dikonversi dari analog ke digital, ini menambahkan overhead kinerja yang mempengaruhi kecepatan koneksi.

Koneksi Kabel

Kabel sambungan dianggap salah satu jenis koneksi internet terbaik tersedia untuk pengguna rumahan, mereka menawarkan koneksi sangat cepat dan handal dengan biaya bulanan yang tetap.
Perusahaan kabel biasanya menawarkan paket yang berbeda untuk memenuhi pelanggan internet yang berbeda, seperti halnya dengan semua koneksi internet, akan tergantung pada bagaimana kita berniat untuk menggunakan internet.
Paket-paket yang berbeda akan menawarkan spesifikasi kecepatan yang berbeda dan batas bandwidth.
Karena koneksi kabel menggunakan medium yang sama sekali terpisah untuk transfer data itu tidak mempengaruhi kemampuan Anda untuk membuat / menerima panggilan telepon.

Koneksi kabel Pro
Kecepatan adalah alasan utama untuk memiliki sambungan kabel, dengan kecepatan yang sangat tinggi paket yang tersedia, pilihan yang sangat baik bagi mereka yang tidak suka menunggu sekitar menekan jari-jari mereka saat men-download file-file besar seperti musik atau lampiran besar. Seperti koneksi ADSL, koneksi kabel transfer data digital, untuk menghilangkan overhead / analog konversi digital. Koneksi kabel yang Selalu aktif, menghilangkan menunggu lama untuk membuat koneksi.

Koneksi kabel Cons
Koneksi kabel tidak tersedia di setiap area, Anda akan perlu menghubungi perusahaan kabel pilihan Anda untuk memastikan bahwa Anda berada dalam jangkauan. Dan dalam menggunakan koneksi kabek ini diperlukan proteksi dengan firewall maupun antivirus ntu melindungi PC dari bahaya.

Koneksi Wireless

Wireless broadband kecepatan tinggi layanan Internet melalui teknologi nirkabel. Broadband nirkabel tersedia diwarung internet, lokal”hot spot” di dalam banyak kota, perusahaan-perusahaan swasta dan rumah-rumah.Keuntungan dari broadband nirkabel adalah bahwa komputer menerima sinyal Internet tidak perlu ditambatkan oleh Ethernet atau jaringan kabel untuk broadband modem atau router. Sebuah modem wireless/nirkabel broadband menerima layanan dan memancarkan melalui gelombang radio ke wilayah sekitarnya langsung. Setiap komputer yang dilengkapi dengan kapasitas nirkabel dalam menerima jarak dapat menangkap sinyal, membuat Internet 'portabel. Cara yang paling umum untuk mengambil keuntungan dari broadband nirkabel adalah dengan menggunakan komputer laptop. Anda akan membutuhkan adaptor broadband nirkabel, yang umum tersedia dalam format (PC)kartu komputer portabel kartu. Ini adalah kartu kredit kecil gaya perangkat yang tergelincir ke port eksternal pada laptop. Dengan sedikit konfigurasi perangkat lunak, laptop akan mulai mencari sinyal broadband nirkabel.Setelah terdeteksi diperlukan antara laptop dan jaringan. Jika jaringan tidak dilindungi oleh sandi/password yang aman atau protokol firewall lainnya, laptop akan dapat terhubung ke sinyal broadband nirkabel.

Di warung internet dan area akses publik, kadang-kadang ada biaya diperlukan sebelum laptop diberikan akses nirkabel. Namun, banyak kota telah terpasang broadband nirkabel sebagai rasa hormat kepada warga mereka, dan akses publik adalah gratis. Anda mungkin perlu menemukan tempat yang tepat di dalam kota untuk mendapatkan akses, sebagai mendapatkan sinyal lemah semakin jauh mereka melakukan perjalanan dari sumbernya.

Karena broadband nirkabel ditularkan melalui gelombang radio, password yang aman dan firewall digunakan pada jaringan swasta untuk memastikan orang yang tidak berhak tidak dapat terhubung ke jaringan. pengguna yang tidak diinginkan dapat memperlambat lalu lintas jaringan dengan menggunakan sumber daya bandwidth, dan dapat menciptakan masalah yang lebih serius lainnya. Pengguna rumahan dengan broadband nirkabel juga sangat disarankan untuk menginstal langkah-langkah keamanan. Pengguna luar yang dapat terhubung melalui layanan nirkabel broadband pribadi mungkin digunakan untuk download materi ilegal atau melakukan kejahatan online lainnya .

Untuk mengatur perangkat keras untuk jaringan nirkabel, diperlukan modem broadband nirkabel, router dan switch, yang bisa dikombinasikan dalam sebuah perangkat murah tunggal. Sebuah saluran telepon diperlukan untuk layanan, Digital Subscriber Line ( DSL ) sementara televisi kabel diperlukan untuk broadband kabel. desktop biasanya berfungsi sebagai komputer utama di mana perangkat yang terhubung. Ada kabel fisik yang harus dijalankan dari modem broadband nirkabel untuk desktop, tetapi sinyal internet itu sendiri disiarkan secara nirkabel dan dapat diambil oleh remote komputer atau laptop di dalam rumah atau kantor.

Koneksi Satelit

Sama seperti satelit yang mengorbit bumi menyediakan link yang diperlukan untuk layanan telepon dan televisi, mereka juga dapat memberikan link untuk layanan broadband.Broadband satelit adalah bentuk lain dari broadband nirkabel dan sangat berguna untuk melayani daerah berpenduduk jauh atau jarang.

Hulu hilir dan kecepatan untuk broadband satelit tergantung pada beberapa faktor, termasuk paket penyedia dan jasa yang dibeli, garis konsumen penglihatan ke satelit yang mengorbit, dan cuaca. Satelit bisa terganggu dalam kondisi cuaca ekstrim. Biasanya konsumen dapat mengharapkan untuk menerima (download) pada kecepatan sekitar 1 Mbps dan mengirim (upload) pada kecepatan sekitar 200 kbps. Kecepatan ini mungkin lebih lambat dari DSL dan modem kabel, namun kecepatan download masih jauh lebih cepat dari kecepatan download dengan dial-up akses Internet.

Mendapatkan satelit broadband dapat lebih mahal dan terlibat daripada memperoleh modem DSL atau kabel. Seorang pengguna harus memiliki:

• stasiun kaki piring atau basa dua atau tiga - item yang paling mahal;

• Internet satelit modem; dan

• garis yang jelas terlihat ke satelit provider.

Untuk mengetahui apakah satelit broadband tersedia untuk rumah Anda, perusahaan broadband menghubungi satelit atau komisi pelayanan publik negara Anda.


Broadband GSM

Broadband dengan GSM. GSM dengan tekhnologi 3G ( UMTS) , 3.5 G (HSDPA) salah satu sistem koneksi internet yang banyak dipakai saat ini. Dengan banyaknya operator yang telah mendukung maka sitem ini salah satu yang diminai. Operator Telkomsel , Indosat , XL dll sudah menyediakan d\fasilitas ini dibeberapa kota. Kelemahan sitem ini adalah kecepatan akses internet sangat tergantung dari jarak ke BTS terdekat operator yang kita pakai.


Efek pertumbuhan broadband ini berarti signifikan dan lebih kuat, dan lebih tinggi dibanding dengan jasa teleponi dan Internet. Dampak dari pertumbuhan akses danbraodband ini diharapkan menjadi lebih besar dan luas setelah penetrasi mencapai titik kritis. Sebagian besar negara berkembang sudah berada pada awal pertumbuhan dan perkembangan broadband, negara-negara berkembangdimaksud memperoleh keuntungan dengan melakukan investasi padapembangunan jaringan untuk memperoleh keuntungan yang lebih tinggi dan sebelum jumlah pengguna broadband berkurang.


  • Perusahaan besar kecil
  • Universitas
  • Pemerintah untuk mendukung sistem informasi dan program utamaseperti tata keuangan, pajak administrasi, E-usaha mendapatkan, danICT di pendidikan.
Untuk memberikan permintaan layanan broadband dengan cepatyang dibutuhkanbukan hanya investasi secara terus-menerus dari industri telekomunikasi, tetapi juga tindakan aktif dari Pemerintah dalam mengatur industri untuk menambahdaya saing pasar broadband tertentu. Tanpa ukuran ini, maka gap aksesbroadband di Indonesia akan bertambah besar.

Itulah sedikit ulasan / pengertian tentang Broadband Internet.

1 komentar: